Komponen yang Dibutuhkan Dalam Keberhasilan Digital Marketing

8:55 PM Admin 0 Comments

Di era digital ini, istilah digital marketing atau pemasaran digital rasanya sudah tidak asing di tengah masyarakat. Digital marketing merupakan strategi bagi seorang pelaku bisnis dengan menjual produknya secara online serta melakukan promosi dengan pembuat iklan agar mudah menjangkau masyarakat lebih luas.

Dalam menentukan keberhasilan strategi pemasaran digital, terdapat berbagai komponen-komponen penting yang dibutuhkan. Apa saja komponen tersebut? Berikut ini adalah pemaparannya:

Mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) serta Konten Pemasaran

Search Engine Optimization (SEO) atau Optimisasi Mesin Pencari sangat berpengaruh terhadap keberadaan produk yang dijual oleh pelaku bisnis secara online. Pada komponen ini pelaku bisnis perlu memperhatikan keyword atau kata kunci yang mampu menampilkan produk di tempat awal ketika pelanggan mencarinya melalui website. Keyword atau kata kunci inilah yang ditampilkan melalui konten pemasaran yang berupa video, gambar, audio, infografis, dan sejenisnya. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu memperbanyak konten pemasaran serta menyediakan konten yang berkualitas, unik, informatif, dan menarik untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi. 

Media Sosial

Terdapat 4,2 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Hal ini tentunya membuka peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk menampilkan kehadirannya melalui media sosial. Pelaku bisnis juga dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggannya melalui akun media sosial. Contohnya Digime Bay memiliki akun LinkedIn, Instagram, dan Facebook untuk mempublikasikan produknya serta sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggannya.

Akses Situs web

Situs web menjadi hal yang esensial bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya secara digital. Bagi pelaku bisnis yang masih pemula dan belum membuat website dapat menggunakan jasa pembuatan website seperti yang ditawarkan oleh Digime Bay . Selain itu, agar produk dapat dijangkau lebih luas lagi oleh masyarakat, pelaku bisnis perlu memastikan agar situs web tersebut mudah diakses melalui handphone dan desktop. 

Membuat Iklan Digital

Pelaku bisnis perlu memanfaatkan jasa pembuatan iklan seperti Windows Ads, Google Ads maupun jasa periklanan yang tersedia di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan yang lainnya. Hal ini akan menunjang keberhasilan dari pemasaran digital pelaku bisnis.

Menggunakan Analisa Web

Komponen terakhir yang diperlukan dalam menentukan keberhasilan pemasaran digital adalah Analisa Web atau Web Analytics. Analisa Web digunakan untuk mengukur sejauh mana target pelanggan tercapai serta mengetahui kebutuhannya, pelaku bisnis juga dapat memantau interkasi serta mengetahui dari mana pelanggan menemukan web atau situs tersebut.

Kesimpulan

Kira-kira itulah berbagai komponen penting untuk menilai keberhasilan pemasaran digital bagi para pelaku bisnis. Tentunya komponen tersebut tidak akan berjalan dengan efektif apabila pelaku bisnis belum membuat website. Tentunya ada solusi dari masalah tersebut seperti yang dijelaskan pada Tidak Punya Waktu Membuat Website? Inilah Penjelasannya.

Pelaku bisnis juga dapat memanfaatkan jasa pembuatan website atau iklan di berbagai perusahaan yang berbasis teknologi seperti Digime Bay . Jasa tersebut tentunya akan menunjang kesuksesan pemasaran digital bagi pelaku bisnis.

Demikian penjelasan mengenai komponen-komponen penting dalam kesuksesan digital marketing. Semoga dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis yang ingin memulai memasarkan produknya secara digital.

0 comments: